cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 24776254     EISSN : 24778427     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social sciences.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016): Volume 1 Number 2 September 2016" : 4 Documents clear
TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 02 WEDI KABUPATEN KLATEN DALAM MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI Dian Aditya Oktaviantika
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 1, No 2 (2016): Volume 1 Number 2 September 2016
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.658 KB) | DOI: 10.26737/jpipsi.v1i2.269

Abstract

Abstract. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 02 Wedi dalam mitigasi bencana gempa bumi yang dilakukan oleh siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 02 Wedi Kabupaten Klaten. Populasi kelas X di SMK Muhammadiyah 02 Wedi adalah 105 siswa dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 78 siswa dengan taraf kesalahan 10% (Sugiyono, 2010. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan perhitungan presentase. Pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara undian (acak). Teknik pengambilan sampel untuk mengetahui mitigasi non struktural dalam menghadapi bencana gempa bumi yang dilakukan oleh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 02 Wedi adalah Snowball Sampling. Jumlah sampel untuk mengetahui mitigasi non struktural dalam menghadapi bencana gempa bumi yang dilakukan  oleh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 02 Wedi adalah 9 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara.Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas X baik kelas X.A, X.B maupun kelas X.C menunjukan tingkat pengetahuan cukup dalam mitigasi bencana gempa bumi sedangkan hasil penelitian menunjukan bahwa mitigasi non struktural yang dilakukan di sekolah SMK Muhammadiyah 02 Wedi dilakukan oleh orang lain bukan siswa akan tetapi siswa sudah mengetahui tujuan dilakukannya mitigasi non struktural di sekolah.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS APLIKASI FREEMIND DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI JURUSAN PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN MAULANA MALIK IBRAHIM Nur Lailatus Zahroh
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 1, No 2 (2016): Volume 1 Number 2 September 2016
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.389 KB) | DOI: 10.26737/jpipsi.v1i2.304

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya permasalahan pada penelitian sebelumnya yaitu adanya model pembelajaran terpadu namun media yang digunakan masih terpisah. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media yang mampu memadukan semua materi IPS. Rumusan masalah difokuskan pada apakah media pembelajaran berbasis aplikasi freemind dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS SD di SD di jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development Uji coba media dilakukan dengan metode eksperimen. Tiga hasil penelitian ini yaitu Media yang diproduksi adalah media pembelajaran dengan tema Indonesia klasik ini berupa media visual dari penggunaan aplikasi mindmap/freemind. Media pembelajaran berbasis aplikasi mindmap/freemind dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS SD di jurusan PGMI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Media pembelajaran berbasis aplikasi mindmap/freemind dapat meningkatkan pemahaman materi IPS Mahasiswa lebih tinggi dari pada media yang lain. Oleh karena itu media pembelajaran ini sebaiknya terus digunakan dalam pembelajaran IPS.
PEMANFATAN SI MACAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERFIKIR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IIS 2 SMAN 1 PURWANTORO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Dony Purnomo
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 1, No 2 (2016): Volume 1 Number 2 September 2016
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.704 KB) | DOI: 10.26737/jpipsi.v1i2.270

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Memberikangambaran pemanfaatan Si Macan untuk meningkatkan kreativitasberfikir peserta didik pada mata pelajaran geografi di kelas X IIS 2 SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2016/2017 (2) Mengetahui peningkatan kreativitas berfikir peserta didik pada mata pelajaran geografi  di kelas X IIS 2 SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengambil sampel kelas X IIS 2 pada tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 26 peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan sumberdata primer yang berupa angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1)Pemanfaatan Si Macan dalam meningkatkan kreativitas berfikir peserta didik di kelas X IIS 2 SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2016/2017 melalui tiga tahapan yaitu: tahap kondisi awal dilakukan perencanaan dilanjutkan dengan melaksanakan tindakan pada siklus 1 dilakukan refleksi untuk diperbaiki dalam siklus 2. (2) Dengan pemanfaatan Si Macan dapat meningkatkan kreativitas berfikir peserta didik di kelas X IIS 2 SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2016/2017 pada indikator Fluency, Flexibility dan Novelty
ANALYSIS LEARNING SOCIAL SCIENCE CHARGED THE VALUES OF ENTREPRENEURSHIP IN PRIMARY SCHOOL (Case Study in Social Science Education in Class IV SDPN Pajagalan 58 Bandung) Dadang Iskandar; Lutma Ranta Allolinggi; Acep Roni Hamdani
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 1, No 2 (2016): Volume 1 Number 2 September 2016
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.123 KB) | DOI: 10.26737/jpipsi.v1i2.268

Abstract

Abstract. Entrepreneurship education is a government program that is conducted every level of education. Implementation of the values of entrepreneurship learning in primary schools is an effort to promote entrepreneurship, so that people can develop into a reliable personal and be the generation that can create jobs. This study aims to assess the extent to which the learning of Social Sciences can provide space in growing the value of entrepreneurship in primary school students. This research was conducted in SDPN Pajagalan 58 with qualitative approach case study method. The subject is the person responsible for entrepreneurship education program, one teacher of Social Sciences and seventeen students of class IV. Based on the survey results revealed that entrepreneurship education program has been designed as possible into school programs that are implemented on an ongoing basis. The values of entrepreneurship has been published in school activities such as extracurricular activities, events and activities programmed habituation. Planning learning Social Sciences laden entrepreneurial values starting from the manufacture of the syllabus and lesson plans. Implementation of classroom learning is done in accordance with the lesson plan gives more space for students to develop a personality. Assessment of learning laden entrepreneurial values is done through observation and checks on student attendance. At the time of the learning takes place, the student has demonstrated an attitude / entrepreneurial character that is honest, self-discipline, confidence, leadership, creative, independent, hard work, responsibility, curiosity, communicative, and cooperation. The main problem is the plan that is prepared teacher is not maximized and not yet fully apply in learning. From the results of this study are expected to provide benefits for the development of entrepreneurship education in primary schools, especially in SDPN Pajagalan 58 and become material for the evaluation of Bandung City Education Department.

Page 1 of 1 | Total Record : 4